Jebakan#1 : PMDP Poltekkes Bandung 2012-2013

Wah, tak terasa udah musim penerimaan mahasiswa baru lagi. Kalau saya tingkat 3 galau buat lulus kuliah, anak SMA kelas 3 siap-siap galau aja buat yg bingung milih kampus yang cocok ya. Ayooo.. siapa yang mau kuliah di Analis Kesehatan Bandung??  Ini sekedar ajakan aja sih soalnya Jalur PMDP Poltekkes Bandung 2012-2013 udah dibuka..  Ini info terbarunya!

Poltekkes Kemenkes Bandung menerima pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 jalur PMDP.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Tahap persiapan  :

  • Mengisi biodata peserta (format bisa diunduh disini )
  • Membuat pengantar  dari kepala sekolah (contoh bisa diunduh disini )
  • Membayar biaya pendaftaran Rp 75.000,- melalui Bank BNI no. Rek 707777111 a/n Penampungan Dana Kelolaan Poltekkes Bandung (rekening ini HANYA BERLAKU untuk penampungan biaya pendaftaran PMDP TA. 2012/2013 saja ).

Tahap Pengiriman Berkas :
Berkas yang dikirimkan terdiri dari :

  1. Photo copy nilai raport semester 1 s/d 5 (yang telah di legalisir kepala sekolah)
  2. Biodata peserta (yang telah ditandatangani)
  3. Surat pengantar dari Kepala Sekolah (asli)
  4. Bukti pembayaran BNI (asli)
  5. Pas photo berwarna latar belakang merah ukuran (2 x 3) cm sebanyak 2 lembar dan (3 x 4) cm  sebanyak 2 lembar

Semua berkas pendaftaran dimasukan ke dalam amplop yang berisi map berwarna sesuai dengan peminatan jurusan/prodi, dikirim melalui pos paling lambat tanggal 30 April 2012 (cap pos). Kirim ke:

Panitia Sipenmaru Diknakes Jalur PMDP TA.2012/2013
Poltekkes Kemenkes Bandung
Jl. Eyckman No. 24
Bandung 40161 – Jawa Barat

(* Panitia hanya menerima berkas melalui pengiriman POS *)

Warna map :

  1. Warna hijau untuk peminatan Jurusan/Prodi Analis Kesehatan
  2. Warna kuning untuk peminatan Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi
  3. Warna merah tua untuk peminatan Jurusan/Prodi Gizi
  4. Warna biru untuk peminatan Jurusan/Prodi Kesehatan Lingkungan
  5. Warna merah muda (pink) untuk peminatan Jurusan/Prodi Keperawatan Bandung
  6. Warna coklat untuk peminatan Jurusan/Prodi Keperawatan Bogor
  7. Warna abu-abu untuk peminatan Jurusan/Prodi Farmasi

PERSYARATAN

Persyaratan umum :

  1. Siswa SMA/MA jurusan IPA yang akan lulus pada tahun 2012.
  2. Tidak ada nilai di bawah 6 untuk seluruh mata pelajaran dari semester 1 –  5.
  3. Tinggi badan minimal (Pengukuran akan dilakukan oleh Panitia Sipenmaru Diknakes Poltekkes Kemenkes Bandung) :
  • Jurusan Keperawatan, laki-laki : 155 cm dan perempuan : 150 cm.
  • Jurusan Analis Kesehatan, Gizi, Kesehatan Gigi, Kesehatan Lingkungan dan Farmasi, laki atau perempuan : 145 cm.

Persyaratan khusus :

  1. Nilai raport untuk mata pelajaran :  Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA (Biologi, Fisika, Kimia) pada semester 1 s/d 5 minimal 7 (tujuh).
  2. Tidak buta warna baik total maupun parsial

UNTUK PERHATIAN:

* SETIAP PENDAFTAR HANYA DIPERKENANKAN MEMILIH 1(SATU) JURUSAN
* PENDAFTAR TIDAK DIPERKENANKAN MENGGANTI JURUSAN YANG TELAH DIPILIH DENGAN ALASAN APAPUN
* INFORMASI INI HANYA BERSIFAT SEMENTARA (BELUM FINAL)
* Sumber berita Web Resmi Poltekkes Bandung

>> download formulir pendaftaran.

About these ads

About izalcyber

Analis Kesehatan Bandung, Jurnalis, Viking Persib

Posted on 22 Januari 2012, in Analis Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink. 88 Komentar.

  1. Endah Purwaningsih

    bedanya persyaratan khusus sama umum apa yaa?

  2. mnurut saya syarat” itu sama-sama hrus dpnuhi… :P
    klw yg umum kan ke nilai scara kseluruhan,,, jgn ada nilai yg dbawah 6.
    klw yg khusus lbih k mata pelarajan spesifik, jgn ada yg dbwah 7…
    minat ke jurusan apa?

  3. assalamualaikum..
    klo milih jurusan kebidanan pa bisa…

  4. wlkmslm… kbidanan ga ada PMDK nya,, jd harus tes tulis.
    Ayo dong… Tenaga Kesehatan bukan hanya Bidan dan Perawat aja… :)
    coba yg lain..

  5. assalamualaikum
    Kalo surat pengantar dari kepsek isinya gimana? terus, bisa kirimin alamat buat kirim berkas2nya ga? Lengkap
    Makasih yah :)

  6. Assalamualaikum :) saya Ratna masih sekolah klas 3 SMA 1 Subang..
    Rencana mau kuliah ke poltekes bandung, tapi bingung untuk ngambil jurusannya ka, pgnnya keperawatan sma analis juga..
    Klo analis lebh dominan bljar ttg apa ??
    dan buat ke depannya (kerja) menjamin ??
    soalnya d sbg, ada sedikit klinik sma rumah skitnya kak.

  7. wlkmslm.. ya mning k analis aja.. blajarny bnyk d laboratorium..
    yg berhubngan dg diagnosa aja..
    klw d subang klinikny msh sdkit,, brcita” dong buat bkin klinik dsana,, :)

  8. wahhh…. bikin klinik sndiri?? hehe iya ka insyaallah :)
    waktu itu jga pernah ka lngsung k poltekes sma temen, yaaa gtu masih nanya” ttg jurusannya..
    analis ada asramanya ya ka?

  9. assalamualaikum kak
    saya dari sidempuan
    semua poltekes yg ada di indonesi saya cman minat poltekes bandung
    tapi saya ragu jalur pmdk nya bakalan kalah

    pengen kali kuliah di analisis

  10. ulfah nurfika muharromi

    ass ka.aku rencananya mau lanjutin kuliah ke poltekkes bandung..boleh minta nope nya..banyak yang mau akutanyain..terimakasih :)

  11. Ka itu persyaratan udah final blum?

  12. kalo farmasi cuma ada sampe d3 ya kak ???

    • iya de… kita PTN, tp dbawah kemenkes bukan kemendiknas. maksimal cuma bisa ngadain ny mpe d4.. paling klw mau nerusin k PTN yg dbwah mendiknas…. tp untungnya kita mah gampang dpet kerja :)

  13. format mapnya gmana ka??
    nama kita d tengah terus kode jurusan d atas pojok kanan bukan??
    boleh daftar skrg”??

  14. kalo pendaftaran D4 thn ajaran 2012/2013 kapan???

  15. kak aku mo daptar di anilisis.. pluang ketrimanya brapa y kak? aq dri Rembang-Jateng

    • analis kesehatan de.. :)
      biasanya yg mendaftar PMDP (PMDK) ke analis paling banyak..
      klw yg daftar tes tulis paling banyak bidan, analis kesehatan kedua.
      jd lumayan lah persaingannya ketat…
      ayoo de smangat,,, adik kelas saya juga ada yg dari Kebumen

  16. Assalamualaikum,,
    kalau test tertulis buat bidan kapan di bukanya???
    Apa bedanya kampus 1 dan kampus 2??

  17. muthiya hidayati

    pesimis gue ada nilai 3 nilai mata pelajaran MIPA yang dibawah tujuh pas waktu kelas 1 , apa bisa masuk yaa.. :'(

    GALAU BERATTTTTT

  18. kalau lulusan dari smk kesehan bsa gk msk poltekkes bandung?
    Mohon dbles sgra, trma kash

  19. kalau lulusan dari smk kesehatan (keperawatan)
    bsa gk msk poltekkes bandung jurusan kebidanan?
    Mhon jwbnnya
    trma ksh.

  20. Ass, kak mau tanya kalo di persyaratan khusus itu nilai minimal 7 rata”dri ke lima semester per matapelajaran atau tiap semester gak boleh dibawah 7???

  21. ass.
    saya mau nanya, kalo yang mau melanjutkan dari D3 analisis kesehatan ke D4 analisis kesehatan, syarat pendaftarannya sama seperti itu atau ada ketentuan lain?
    terima kasih :)

  22. assalamualaikum ,kak akreditasi farmasiapa ya di poltekes bandung ? terima kasih :)

  23. ulfah nurfika muharromi

    maasih kak..udah aku add pertemanan facebook nya..cnfrm yaa kak :)

  24. assalamualaikum, kak mau tanya kalau pengumuman penerimaan mahasiswa baru poltekkes bndg itu dari internet/post ya, trus kapan?.. terimakasih sebelumnya tolong di bls.

  25. ulfah nurfika muharromi

    ass..
    insya allah setelah lulus nanti sya kepingin melanjutkan sekolah ke poltekkesban..
    kira-kira ikut daftar jalur PMDP ambil prodi kesling saingan nya gmna tuh ?
    terimakasih :)

  26. fizalitha rizki m

    assalamualaikum… saya fizalitha.. kakak saya minta info terbarunya siich mengenai kebidanan poltekes bandung… kak di rangkasbitung kan ada poltekes bandung jurusan kebidanan .. kira” kakak tau gak kapan penerimaan siswa barunya….

    • wlkmslm,,, maf ya saya trbatas klw soal kbidanan. poltekkes bdg ga nerima kbidanan lewat PMDP..
      tp hrus ikut tes tulis.
      trus liat jg biayanya brp… soalnya tahun ini naik dan mahal.. pertimbangin aja :)

  27. kalo jurusan kebidanan ada engga ?

  28. assalamualaikum, kak mau tanya kalo selain jalur pmdk ada jalur tes lain?

  29. assalamualaikum ?
    maaf saya mau tanya kalo S1 nya selain keperawatan, apalagi ya ?

  30. klo mw yg jalur khusus prodi gizi gmana crany??

  31. septi wulandari

    kakak aku klo mau masuk keperawatan, tapi di semester 1 nilai kimia 61 gmna dong ? masih bisa keterima gak ???

  32. ulfah nurfika muharromi

    ka,boleh minta cntct person panitia pendaftaran jalur PMDP nya gak ?

  33. D4 kebidanan ada ngak di sini…minta infonya untuk penerimaan tahun 2012/2013

  34. ass. saya arni dari sman 18 bdg .
    mau nanya ? kalau analis keshatan ada tes kesehatannya juga ngga ?
    terus kalau misalnya ada , apa aja yang di tesnya ?
    makasih :)
    ditunggu balesannya :)

  35. kak…
    kasi info tentang penerimaan D4 analis kes. di poltekkes bandung yah?
    aku dr bengkulu, rencananya seh pgen lanjut D4…
    thanks

    • ingin berbagi sesuatu:
      info terbaru ttg D4 Analis kesehatan.
      1. Untuk tahun ajaran baru 2012-2013, perkuliahan akan dilaksanakan setiap minggunya pada hari rabu, kamis dan jum’at.
      2. Untuk prasyarat calon mahasiswa yang dapat mendaftar minimal harus bekerja 2 tahun (24 bulan).

      komentar sy:
      Ini informasi unofficial, tapi tingkat kepercayaannya cukup tinggi. informasi ini bisa dipertimbangkan sambil nunggu informasi resmi (baik dari brosur atau website).
      Untuk prasyarat pengalaman kerja, ga perlu dipikirin banyak2 dulu deh, yg penting daftar aja dulu, hajar bleh! hahaha.
      oh iya, jgn lupa 15 juta di kantong yah ;)
      *ting*

      Ingin berbagi sesuatu:
      Itung2an biaya buat ngelanjutin D4, untuk angkatan 2012/2013. Bagi teman2 yang ingin melanjutkan kuliah di D4 Analis Kesehatan, silahkan dicermati.

      Semester I
      1. PPSM – Rp 450.000
      2. Matrikulasi – Rp 530.000
      3. Dana Pengembangan Pendidikan – Rp 4.600.000
      4. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (Semesteran) – Rp 3.900.000
      Total: Rp 9.480.000

      Semester II
      1. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (Semesteran) – Rp 3.900.000
      2. Praktik Kerja Lapangan (PKL) – Rp 1.700.000
      3. Ujian Akhir Program (UAP) – Rp 985.000
      4. Wisuda + Ijazah – Rp 850.000
      Total: Rp 7.435.000

      Biaya Total = Rp 16.915.000

      Biaya diatas EXCLUDE: biaya penelitian, field trip, internet+perpus+dll, registrasi, dan kemungkinan tambahan lain yg ditarik oleh jurusan (perihal penatalaksanaan ijazah).

      sumber: PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 185/PMK.05/2011 TENTANG TARIF LAYANAN BADAN LAYANAN UMUM POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG PADA KEMENTERIAN KESEHATAN

      komentar saya (Daud Abdurrahman) : “agak nyelek juga sih liat nominalnya :) | biaya, mungkin jadi hal yang paling dipertimbangkan dalam memilih tempat untuk melanjutkan studi, jadi mungkin ini bisa jadi bahan referensi.. please CMIIW (correct me if i’m wrong)”

  36. kak maaf mau nanya kalo dari ips bisa ga kak?

  37. bismillah..Assalamu’alaykum kak..maaf saya mau tanya kiranya apa saja yang akan di tes ketika mau mendaftar di analis kesehatan?mohon bantuannya ya kak..

  38. oh ga bisa ya tapi kemarin pas saya nelfon ke polteknya katanya bisa dari ips ka jadi gimana dong?

  39. Ass ..
    akuh anis dr smk kes bhaktikencana subang , akuh udah ngirim persyartan PMDP lewat POS , tp nilai rapot akuh ada yg dibawah 7 , ituh ngaruh buat kellusan diterima engga ? Terus kpan pengumuman hasil nya ?

  40. Assalamu’alaikum…
    Kak, ini sama Kiki dari SMAN 1 Kuningan.
    Aku tuh pengen masuk analis, tapi aku bingung banget buat pendaftarannya. kok kayak yang ribet banget sih..
    duh aku pusing banget..

  41. kak, saya mau ngambil analis. tapi temen saya nilai rapot ny lebih besar dari saya. apa ada kemungkinan ya saya di terima? ada kemungkinan ngga 1 sekolah di terima lebih dari 1?

  42. Pradita Purnamasari

    kak mau nanya itu nilainya tuh rata2 apa per semester ga boleh d bawah 7 ??

  43. Pradita Purnamasari

    bales ya kaka :D

  44. D4 kesehatan gigi spesialis bedah mulut, kapan mulai buka pendaftarannya?
    Trus syaratnya apa aja?

  45. bos mau tanya,, akreditasi DIV analis kesehatan bandung “A” apa “B”.. thanx infonya…

  46. oh ya, untuk brosur DIV dapetnya d mana?? thx

  47. ka’, kLomau daftar’y ke poltekkes yg d rangkasbitung, apa sama daftar’y kesini juga???
    minta penjelasan’y ya ka’,,,

  48. fitria septiani

    assalamualaikum
    maaf kak kalau jalur pmdp kpan hasil pengumumannya?

  49. ka, hasil pengumuman pmdp kapan yah ?

  50. di share ya ka pengumuman pmdp nyaaa, ditunggu :))

  51. Assalamu’alaikum. Kak. Pengumuman jalur PMDP kapan ya?

  52. ka mauu nanya hasil pengumuman jalur pmdp di poltekkes bandung kapan ?

  53. hasil pengumuman pmdp kpan ?

  54. belly marchelani

    peminat farmasi di poltekes banyak ga??

  55. pengumuman pmdp kapan ya?..ko dari kemarin ga da..

  56. kang saya lulusan 2011 mw ikut d4 analis kesehatan bisa gak ya…
    tadi kan syaratnya pengalaman kerja 2 tahun.kang daud juga langsung lanjutin kan?

  57. maaf ,kenapa setiap saya membuka daftar nama siswa yang diterima di poltekkes bandung jalur PMDP tahn 2012/2013 selalu eror,,gimana cara melihat fdaftar sisiwa yan
    g lolos??

  58. rachma.iera@yahoo.com

    pengumuman jalur pmdp kapan? ko ga ada terus sih?

  59. ijaaaaaaaaaaaallll klo pengumumaan penerimaan mahasiswa baru jurusan kebidanan jalur pmdk liat’a dimana?ko g pada bisa di buka si pengumumannya?sepupu tnte ada yg daftar ke kebidanan tapi g taueun pngumuman’a liat dimana,

  60. maaf ka mau nanya, kalau hasil pengumuman peserta yang lolos jalur pmdp 2012 kita bisa liat dmana ?
    coba buka di web poltekes tapi datanya error ga bisa kebaca ?

  61. pengumuman yg PMDP kpan?

  62. assalaualaiku kk.. apa beda d4 dengan s1 ??? kenapa di poltekkes ada d4 ?

  63. Ass,,
    ka ada rincian biaya tiap prodi.nya gk?
    mksih

  64. pendaftaran jalur PMDP angkatan saya kapan dibukanya ka ? bls ya :)

  65. Kalau prodi gizi belajarnya apa aja ya ?

  66. Biaya persemester berapa buat gizi ?

  67. Assalamu’alaikum, mengenai akreditas prodi farmasi di poltekes apa ya? kalau boleh tahu, rician biaya farmasi sekitar berapa? terimakasih sebelumnya.

  68. Diar Raudhatul Farihat

    maaf mau tanya, jalur PMDP buat online itu kapan dimulai nya ya ?
    udah daftar, ko belum dapet Email masuk sih ?
    ada telepon yang bisa dihubungin gak ? soalnya informasinya agak sedikit sulit :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 519 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: